PENDAHULUAN
Pemasaran dalam arti luas merupakan suatu proses sosial mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen dalam memenuhi kebutuhan permintaan dan penawaran yang efektif dan mencapai tujuan dari masyarakat. Oleh sebab itu saya sebagai penulis tertarik dengan proses pemasaran yang terjadi di masyarakat. Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas penulis tertarik untuk menulis karya tulis berjudul “peran pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat”
PEMBAHASAN
Arti penting pemasaran untuk konsumen,perusahaan dan masyarakat
1. Pentingnya Pemasaran
Satu alasan mendasar kenapa belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran merangsang penelitian dan ide-ide baru yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.
2. Berikut ini adalah definisi dari pemasaran:
1. Pemasaran berlaku untuk perusahaan laba dan nirlaba. Tujuan utama dari sebagian besar perusahaan adalah memperoleh laba, sementara pada perusahaan lain hanya mencari tambahan anggota atau pihak-pihak yang menerima ide mereka.
2. Tujuan utama dari pemasaran adalah mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan cara memenuhi kebutuhan tersebut. Jika semua proses pemasaran telah dilakukan dengan benar konsumen tidak perlu diyakinkan lagi. Mereka akan membeli produk dan merasa puas dengan produk yang telah dikonsumsinya serta akan membelinya lagi dimasa yang akan datang.
3. Pemasaran dimulai dengan kebutuhan konsumen bukan dengan proses produksi. Pemasaran harus mengantisipasi kebutuhan dan memutuskan barang atau jasa apa yang akan dihasilkan oleh perusahaan.
4. Pemasaran membantu semua pihak dalam perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen sebelum dan sesudah penjualan. Perusahaan tidak hanya dapat menjual namun juga menciptakan sebuah hubungan yang baik dengan pelanggan.
3. Fungsi Pemasaran dalam Sistem Ekonomi
Pada dasarnya, ada 2 jenis sistem ekonomi: Sistem ekonomi terencana dan sistem ekonomi berorientasi pasar.
Dalam sistem ekonomi terencana, pemerintah merencanakan untuk memproduksi dan mendistribusikan apa saja serta berapa banyak. Produsen mempunyai sedikit pilihan tentang produk apa yang akan diproduksi.
Dalam sistem ekonomi berorientasi pasar, keputusan individu dari beberapa produsen dan konsumen menjadi keputusan bersama untuk semua masyarakat. Konsumen memutuskan apa yang harus diproduksi oleh produsen ketika mereka membeli suatu produk di pasar, produk yang memenuhi kebutuhan konsumen inilah yang seharusnya diproduksi oleh produsen jika ingin bertahan hidup.
Dalam sistem ekonomi berorientasi pasar, harga sumberdaya yang digunakan dalam proses produksi maupun harga barang dan jasa yang akan dikonsumsi oleh konsumen berbeda tergantung dari alokasi sumber daya dan distribusi pendapatan dari konsumen.
Konsumen dalam sistem ekonomi berorientasi pasar, mempunyai kebebasan yang luas dalam memilih. Begitu juga dengan produsen, mereka bebas memilih apa pun yang mereka mau. Jika produsen melaksanakan tugasnya dengan baik, mereka akan memperoleh keuntungan dan bertahan dalam bisnis. Namun tidak ada jaminan untuk keuntungan, kelangsungan hidup dan pertumbuhan ekonomi.
7. Pengertian Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran dapat diartikan bahwa seluruh kinerja perusahaan didasarkan pada tujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan memeperoleh keuntungan. Konsep ini sangat sederhana namun penting sekali untuk kelangsungan hidup perusahaan.
Perusahaan yang telah diatur dengan baik, telah beralih dari orientasi produksi kepada orientasi pemasaran. Sebuah orientasi pemasaran berarti tidak hanya membuat konsumen membeli produk perusahaan, namun juga mencoba menyediakan apa yang mereka butuhkan.Perusahaan harus memenuhi kebutuhan pelanggan, namun bisa jadi hal ini membutuhkan biaya yang lebih besar dari harga yang akan dibayar oleh konsumen untuk produk perusahaan tersebut. Jadi keuntungan merupakan batas awal dari pengukuran kesuksesan perusahaan dan kemampuan untuk bertahan.
PENUTUP
Dari tulisan saya,saya menyimpulkan bahwa peran pemasaran sangat berkaitan di kehidupan sehari-hari terutama di perusahaan dan konsumen (masyarakat) karena tanpa adanya pemasaran,perusahaan tidak dapat mengembangkan produknya dan di masyarakat jika tidak ada pemasaran konsumen tidak dapat mengetahui produk-produk yang konsumen butuhkan.
DAFTAR PUSTAKA :
Budiarto, Teguh, Dasar Pemasaran, 1993
Tidak ada komentar:
Posting Komentar