J Pemasaran adalah Suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
J konsep inti pemasaran adalah
Kebutuhanàkeinginianàpermintaanàprodukàpertukaranàtransaksiàpasar
J Webster Jr mengemukakan bahwa peran pemasaran dalam organisasi dapat ditinjau dari dua tipe jenjang yaitu: jenjang organisasional dan jenjang manajerial.
-jenjang organisasional berkaitan dengan peran pemasaran sebagai kultur,sebagai strategi, dan sebagai taktik
-jenjang manajerial berkaitan dengan peranan manajemen pemasaran di dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen yang di dukung oleh keterampilan manajemen tertentu.
J Jenjang organisasional terdiri dari korporite,unit bisnis strategis dan operasional
- Korporet disebut juga pemasaran korporet (corporate marketing) yaitu membangun kultur dengan kepuasan pelanggan,kebutuhan pasar,dan nilai keseluruhan perusahaan
- Unit bisnis strategis disebut juga pemasaran strategi (strategic marketing) yaitu pemasaran sebagai strategi dengan berkompetisi dan menggalang kemitraan
- Operasional disebut juga manajemen pemasaran (marketing managemen) yaitu pemasaran sebagai taktik dengan mengimplementasi program pms dan mengelola hubungan dengan pelanggan dan penyalur.
J Jenjang manajerial terdiri dari maanajemen puncak,mengah,dan bawah
- Peranan manajemen puncak
1. Sebagai pengambil keputusan terakhir,pengendali,pengalokasi sumber daya dan negoti kepentingan perusahaan,berperan juga sebagai pemberi informasi yang menekankan peranannya sebagai pusat pembantu
2. Manajemen puncak terutama harus memiliki kemampuan konseptual dan sedikit keterangan teknis.
- Peranan manajemen menengah
1. Sebagai pemberi informasi menekankan peranannya sebagai penyebar berita,sebagai penyambung lidah wakil anggota
2. Manajemen menengah terutama harus memiliki kemampuan konseptual lebih banyak ketimbang manajemen bawah,dan sedikit keterampilan teknis.
- Peranan manajemen bawah
1. Sebagai simbol andalan,pemimpin dan penghubung,menekankan peranannya pada perusahaan antar pribadi
2. Manajemen bawah harus terutama harus lebih banyak memiliki kemampuan teknis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar