Jumat, 25 November 2011

Proses manajemen pemasaran


1.          TUGAS – TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN
Tugas manajer adalah sebagai berikut :
-  bagaimana proses manajemen dijalankan untuk mengubah sumber – sumber ekonomi menjadi produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan kebutuhan pasar
-  mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
-  menguji berlakunya konsep produk
-  membuat design produk
-  mengembangkan pembukuan dan merk
-  menetapkan harga
-  mengatur distribusi
- menciptakan komunikasi pemasaran
- memeriksa penjualan
- memperhatikan kepuasan konsumen
- memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran
Tugas – tugas manajer pemasaran disebut juga sebagai proses pemasaran strategis. Proses strategis adalah suatu proses manajemen yang menganalisa kesempatan pasar dan memilih posisi, program dan mengendalikan pemasaran yang menciptakan dan mendukung bisnis – bisnis yang aktif untuk mencapai tujuan serta sasaran perusahaan

2.            STRATEGI PEMASARAN
proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1.             Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.            Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.


Lima konsep dasar pengembangan strategi pemasaran
1.     Segmentasi pasar
Syarat segmentasi pasar yang efektif
a.      Dapat diukur
b.     Dapat dimasuki
c.      Cukup besar
d.      Dapat dibedakan
e.      Dapat ditindaklanjuti

2.    Positioning Pasar
Memilih pola konsentrasi pasar khusus,yang memberi peluang maksimum untuk mencapai tujuan
a.  Strategy Concentrated Marketing
-posisi kuat pada satu segmen pasar
b. Strategi Differentiated Marketing
- posisi kuat pada beberapa segmen

3.    Strategi memasuki pasar
Metode menjangkau segmen pasar sasaran :
1.      Membeli perusahaan lain yang sudah jalan
2.     Berkembang sendiri
3.     Kerjasama dengan perusahaan lain

4.  Strategi penentuan waktu
Penentuan waktu yang tetap untuk melaksanakan program pemasarannya sangant penting bagi perusahaan. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Strategi Kompetitif berdasarkan peranan perusahaan di target pasar
~ Strategi Market leader
Perusaahan yang memiliki pangsa terbesar disuatu industri
w Memperluas total pasar
wMelindungi pangsa pasar
wMemperbesar atau mengembangkan pangsa pasar
~ Strategi Market Chalenger
Perusahaan yang berupaya keras untuk meningkatkan panggsa pasarnya di suatu industri dengan bersaing langsung ‘Market Leader’
wMenyerang sesuatu dengan frontal
wMenyerang tidak langsung
~ Strategi Market Follower
Perusahaan yang hanya mengikuti apa yang telah dilakukan oleh ‘Market Leader’ dan ingin mempertahankan pangsa pasarnya dalam suatu industri tanpa harus menggocangkan sumber daya yang dimiliki sekarang
wmengikuti dari dekat aksi kompetitor atau leader
wmengikuti dari jauh aksi kompetitor atau leader
~Strategi Market Nicher
Perusahaan yang berupaya melayani segmen kecil yang potensial, yang diabaikan oleh kompetitor
wspesialisasi –produk,konsumen,pasar atau marketing mix line.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar