Selasa, 12 November 2013

(Perilaku Konsumen) Sub Pokok Bahasan 1


~Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
  1. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
  2. Untuk barang harga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang harga jual tinggi (high-involvement)  proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.  

~Pemikiran yang benar tentang konsumen
Bahwa konsumen yang memiliki hak dalam pelayanan terhadap penjual yang berkawajiban melayani konsumen dengan baik agar mendapat kesan yang baik dari konsumen sehingga konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut. 
Konsumen adalah raja.Kewajiban produsen untuk memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur pada kemasan barang atau jasa yang diperdagangkan haruslah diimbangi oleh tanggung jawab konsumen dalam membaca dengan teliti kebenaran label dan iklan tersebut. Upaya ini merupakan sesuatu hal yang penting untuk mendidik produsen agar mereka mengerti harus memberi apa atas imbalan yang mereka terima sekaligus mendidik konsumen untuk mengetahui mereka mendapatkan apa atas sejumlah harga yang dibayarkan. Bila posisi ini dipahami dan dilaksanakan masing-masing pihak maka sinergi produsen-konsumen dalam memberi peluang yang sehat akan terbuka luas.

~Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
  1. Consumer behavior is dynamic, perilaku konsumen dikatakan dinamis karena proses berfikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen, kelompok konsumen, dan perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat dinamis tersebut menyebabkan perkembangan strategi pemasaran menjadi sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan tempat tertentu tapi gagal. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk meraih konsumennya.
  2. Consumer Behavior Involves Interactions, dalam perilaku konsumen terdapat interaksi antara pemikiran,perasaan, dan tindakan manusia serta lingkungan. Semakin dalam perusahaan memahami bagaimana interaksi tersebut mempengaruhi konsumen semakin baik perusahaan tersebut dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen serta memberikan value atau nilai bagi konsumen.
  3. Consumer Behavior Invoves Exchange, perilaku konsumen melibatkan pertukaran antara manusia. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar