Selasa, 20 Desember 2011

Perilaku konsumen


Perilaku Konsumen

Berbagai Faktor  yang memperbaiki keputusan beli :
1.       Motivasi
2.     Pehamanan
3.     Persepsi
4.     Kepercayaan
5.     integrasi
6.     Kepribadian seseorang

Berbagai macam situasi pembelian
  1. Pembelian ulang langsung adalah situasi pembelian dimana departemen pembelian memesan ulang secara rutin dan biasanya sering dilakukan pemesanan secara otomatis sehingga agen pembelian dapat menghemat waktu pemesanan ulang.
  2. Pembelian ulang yang dimodifikasi adalah situasi dimana pembeli ingin memodifikasi spesifikasi produk, harga, syarat-syarat pengiriman, dan lainnya. Hal ini biasanya melibatkan keputusan tambahan antara pembeli dan penjual.
  3. Tugas-tugas adalah situasi pembelian dimana seorang pembeli membeli suatu barang/jasa untuk pertama kali. Semakin besar biaya, semakin banyak keputusan yang akan diambil dan semakin banyak informasi yang dibutuhkan, sehingga semakin lama waktu untuk penyelesaiannya, yang akhirnya dibutuhkan tugas-tugas yang lebih banyak.
Struktur keputusan beli
Perumusan masalah >pengumpulan informasi >pengembangan dan penilaian alternatif >penentuan alternatif terbaik atau pengambilan keputusan >kegiatan keputusan setelah diambil.
Tahap-tahap dalam proses pembelian
a.     Mengenali kebutuhan
b.     Pencarian informasi
c.      Evaluasi alternative
d.     Keputusan beli
e.      Tingkah laku pasca pembelian

Perilaku pembeli industri
Jumlah pembeli industrial relatif sedikit, tetapi volume pembeliannya lebih besar daripada volume pembelian pasar konsumen. Pembelian barang yang dilakukan oleh pasar industrial adalah lebih continue ( terus menerus secara periodik), timbal balik ( saling mengadakan pembelian hasil produknya masing-masing) dan melalui syarat-syarat pembelian secara formal (dengan kontrak atau perjanjian yang mengikat untuk pembelian tunai, kredit ataupun leasing),dependen ( umumnya banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor organisasi), dan melakukan pembelian dalam jangka panjang.
Faktor pengaruh perilaku konsumen:
a.Lingkungan organisasi
b. Intraorganisasi
c. Interorganisasi dan interindividu
d. Individual

Proses keputusan beli industri
1.       Penentuan kebutuhan
2.     Pengumpulan informasi
3.     Pengambilan keputusan
4.     Pelaksanaan pembelian
5.     Evaluasi pembelian

Pendekatan dalam pembelian industrial
pendekatan langsung itu sendiri = pendekatan yang dilakukan industry kepada konsumen dengan cara langsung.pada posisi ini industri merupakan produsen utama serta produsen perantara.perantara disni dimaksudkan sebagai penghubung langsung dengan konsumen sehingga pada pendekatan langsung industri itu memiliki 2 fungsi sekaligus, fungsi yang utama sebagai produsen asli dan perantara pemasaran.
pendekatan tidak langsung yang dilakukan industry kebanyakan berkaitan dengan produk yang dengan harga cukup tinggi.contoh dealer mobil, industri ini tidak munkin menjual langsung kepada konsumen karena permintaan yang terus meningkat dengan produksi cukup banyak. sehingga industri in terfokus pada pembuatannya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar