Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk (bagi konsumen maupun bagi produsen) yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter. Harga terbentuk dari kompetensi produk untuk memenuhi tujuan dua pihak : produsen dan konsumen.
- Produk memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat keuntungan diatas biaya produksinya (atau tujuan-tujuan yang lain, misalnya keuntungan).
- Konsumen memandang harga adalah sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat atas pemenuhan kebutuhannya dan keinginannya ( misalnya ,hemat)
~ Faktor Penentu Harga
Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal
Faktor internal meliputi :
1. Tujuan Pemasaran (biaya,penguasaan pasar, dan usaha)
2. Strategi Marketing-mix (aspek harga dan non harga)
3. Organisasi (struktur,skala dan tipe)
Faktor Eksternal meliputi :
1. Elastis Permintaan dan kondisi persaingan pasar
2. Harga Pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga
3. Lingkungan eksternal yang lain , lingkungan mikro maupun lingkungan makro
Model dasar penentuan harga dalam perusahaan:
1. Peranan terhadap harga
2. Jumlah penjual
3. Yang mendasari banyaknya penjual
4. Kondisi Ongkos
5. Banyaknya pembeli
6. Kondisi Permintaan
7. Fungsi Tujuan
8. Variabel Strategi
9. Harapan Revisi dan pesaingnya
Prosedur penetapan harga
Philip Kotler dalam bukunya mengemukakan prosedur enam langkah untuk menetapkan harga,yaitu :
1. Memilih tujuan penetapan harga
1. Memilih tujuan penetapan harga
Menurut Cecep hidayat dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran menyatakan bahwa. Harga ditetapkan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yaitu:
a. Bertahan hidup
b. Memaksimumkan Laba
c. Memaksimumkan Pendapatan
d. Memaksimumkan Pertumbuhan Penjualan
2. Menentukan permintaan
3. Memperkirakan biaya
4. Menganalisis biaya, harga, dan tawaran pesaing
5. Memilih metode penetapan harga
6. Memilih harga akhir
3. Memperkirakan biaya
4. Menganalisis biaya, harga, dan tawaran pesaing
5. Memilih metode penetapan harga
6. Memilih harga akhir
~ Penentuan Harga Dasar dan Laba yang Diharapkan
Dalam kaitannya dengan prosedur penetapan harga maka perlulah ditentukan berbagai alternatif harga untuk mengetahui seberapa besar laba yang bisa diharapkan. Alternatif-alternatif tersebut akan tergantung pada pemilihan perusahaan dan elastisitas yang ada. Dengan semakin luas jarak masing-masing alternatif harga dan semakin besar elastisitas permintaannya, maka semakin banyak pula alternatif harga yang harus dipertimbangkan.
Titik break-even ini sangat penting karena dapat menunjukkan tingkatan operasi yang menguntungkan. Adanya peningkatan dalam permintaan atau penurunan dalam biaya total akan memperluas tingkat operasi yang menguntungkan dan meningkatkan laba
.
~ Penetapan harga pasar dalam kondisi yang tidak pasti
penetapan harga dasar dalam kondisi yang tidak pasti. Ini dimaksudkan,untuk memberikan gambaran bahwa tidak semua kondisi yang dihadapi selalu bersifat pasti. Oleh karena itu, penetapan harga dalam berbagai alternatif tingkat harga perlu dilakukan untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan.
Sumber :
Buku Dasar Pemasaran Gunadarma (Teguh Budiarto)
elearning.upnjatim.ac.id/courses/.../Manajemen_Pemasaran.doc?.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar