Sabtu, 10 Desember 2011

Segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar dan pemosisian

Segmentasi Pasar
Adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berperilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berperilaku lebih seragam.Atau proses menkelompokkan bagian-bagian pasar yang berperilaku sama dari keseluruhan perilaku pasar yang beragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian pasar yang mempunyai karakter dan perilaku yang lebih seragam.
Basis Segmentasi Pasar
-     Segmentasi pasar konsumen
Basis segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan :
a.     Aspek Geografis
b.     Aspek Demografis
c.      Aspek Psikografis
d.     Kebiasaan
-     Segmentasi Pasar Industrial
Basis segmentasi pasar industrial adalah aspek geografis,demografis,karakteristik operasional,pendekatan pembelian,faktor situasional, dan karakteristik personal.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar segmentasi pasar dapat efektif yaitu :
a.   A.   Dapat dijangkau (accessable)
b.    B.  Dapat diukur (measureable)
c.    C   Memberikan keuntungan (profitable)

Sasaran Pasar adalah pasar yang akan dilayani perusahaan. Sasaran perlu ditetapkan terlebih dahulu agar strategi dan program pemasaran dapat lebih terarah pada sasarannya. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai dasar penilaian masing-masing segmen pasar :
a.    A.    Luas dan pertumbuhan segmen pasar
b.    B.  Struktur pasar
c.     C. Tujuan dan kapasitas perusahaan

Posisi produk adalah kedudukan merk atau atau produk pada peta persepsi dan preferensi konsumen terhadap kedudukan merk-merk atau produk-produk pesaingnya.
Dasar dari rancangan posisi produk adalah perbedaan produk terhadap produk pesaing. Oleh karena itu perlu dikembangkan usaha untuk memperoleh perbedaan-perbedaan produk yang mempunyai nilai keunggulan atas produk pesaing.
Berdasarkan pemikiran ini, maka langkah penempatan posisi produk adalah:
1.      A.  Identifikasi pembedaan-pembedaan produk ynag mempunyai keunggulan produk terhadap        produk pesaing. Pembedaan-pembedaan produk tersebut dapat dikembangkan menurut fisik produk, pelayanan, personel, maupun citra produk.
2.     B.   Memilih dan menentukan pembedaan produk yang paling efektif
3.     C.  Menyebarluaskan informasi keunggulan produk yang ditawarkan dan mendistribusikan produknya agar dapat dicapai dengan mudah oleh konsumen.



Ada beberapa pilihan strategi merancang posisi produk:
a.     Posisi berdasarkan atribut produk
suatu produk dapat dilihat berbeda oleh konsumen menurut atribut produk,misalnya kualitas,harga,penempilan,atau modelnya.
b.    B.   Posisi berdasarkan pada manfaat produk
Posisi produk dapat dibedakan terhadap produk pesaing menurut kegunaan produk,fungsi,atau manfaat menggunakannya.misalnya kedudukan sepatu olahraga akan berbeda posisinya dengan sepatu formal.
c.     C.    Posisi berdasarkan penggunaan produk
Suatu produk dapat diposisikan untuk penggunaanya pada saat-saat atau kondisi tertentu .
d.    D.   Posisi berdasarkan pemakai produk
Posisi produk dapat dibedakan secara langsung sesuai dengan perbedaan atau kekhususanpemakai produk. Misalnya posisi kendaraan menurut kepentingan keluarga akan berbeda dengan posisi kendaraan untuk pemakaian untuk niaga.
e.     E.  Posisi yang membedakan langsung dengan pesaing
Posisi produk dapat dirancang berbeda secara langsung terhadap produk-produk pesaing dengan menyinggung atau menyebut atribut produk pesaingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar